Ikan Arsik Khas Suku Batak

Ikan Arsik Khas Suku Batak

Ikan arsik merupakan yang masakan khas Batak yang memiliki cita rasa yang sangat unik dan nikmat untuk disantap. Cita rasanya ini berasal dari campuran rempah- rempah yang banyak terdapat di Sumatera Utara yakni andaliman dan kecombrang.

Biasanya sajian ikan arsik ini banyak dihidangkan saat perayaan hari – hari besar seperti natal atau acara pernikahan ataupun ditahun baru. Walaupun demikian, hidangan ikan arsik tetap boleh dimasak dan disantap kapanpun seperti untuk menghidangkan kepada para tamu atau untuk lauk makan siang hari.

Dikutip dari laman Tim Dapur Demedia mengatakan, setiap daerah di Indonesia memiliki masakan ikan yang khas seperti Arsik (Sumatera Utara), Woku ikan mas (Manado), dan Gulai Kepala Kakap (Padang). Ciri khas dari setiap masakan ikan ini terletak pada bumbu yang digunakan dari setiap daerah tersebut.

BACA JUGA : Resep Ayam Bambu Sangat Enak Dengan Penyajiannya Yang Unik

Lantas bagaimana resep dan cara memasak ikan arsik yang nikmat. Berikut detikSumut akan menyajikan penjelasannya, yuk simak sampai habis agar kamu paham!

Bahan yang Diperlukan :

a. 1½ kg ikan segar. (bisa menggunakan ikan mas, mujair, atau nila)

b. 1 buah Kecombrang

c. 1 sendok andaliman

d. 1 ruas jahe dan kunyit

e. 5 cabai merah

f. 6 cabai rawit

g. 2 buah kemiri Lengkuas

h. 4 gelugur

i. Garam dan merica secukupnya

j. 3 buah asam cekala

k 2 batang serai

l. Kacang panjang

m. Bawang batak

• Kacang panjang

Cara Memasak Arsik :

• Pertama kita bisa cuci bersih ikan yang akan digunakan (buang isi perutnya), kemudian setelah kita mencuci bersih letak ikan ke dalam wajan dan campur dengan kacang panjang yang dipotong kecil-kecil.

• Lalu tahap selanjutnya giling atau haluskan semua bahan-bahan yang sudah kita disediakan tadi seperti bawang merah, bawang putih, cabe, kemiri, kunyit dan andaliman. Setelah semuanya halus lumur bumbu ke ikan.

• Setelah itu bisa masukan lengkuas dan serai yang sudah digeprek. Lalu, iris kecil-kecil kecombrang dan asam gelugur yang sudah kita sediakan, dan masukan ke dalam wajan yang berisi ikan. Kemudian hidupkan kompor dengan kondisi api kecil dan masak sampai semua bumbu yang tercampur meresap pada ikan. Jangan lupa untuk sesekali mencicipi apakah rasanya sudah pas atau masih ada yang kurang. Jika dirasa masih kurang bisa tambahkan sedikit garam dan merica sesuai selera.

• Setelah ikan benar-benar sudah matang dan daging pada ikan sudah lembut maka ikan arsik sudah siap disajikan dan sudah bisa kita santap bersama keluarga. Nah, demikianlah sedikit penjelasan resep dan cara memasak ikan arsik khas batak. Detikers bisa mencobanya sendiri di rumah dan menyantap ikan arsik dengan ditemani nasi hangat.