Resep Getuk Singkong Khas Jawa Tengah Kenyal Lembut

Resep Getuk Singkong Khas Jawa Tengah Kenyal Lembut

hallo sahabat kuliner!! Indonesia memang terkenal dengan keragamanya. Mulai dari budayanya hingga kuliner masakan khas tiap daerah di indonesiayaitu Getuk. Salaha satu makanan cemilan khas indonesia yang di gemari banyak orang adalah Getuk.

Getuk terlebih lagi warna makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur ini membuatnya semangkin menarik, bahkan kini sudah banyak juga bermunculan kreasi makanan dengan campurran warna yg bervariasi.

BACA JUGA : Resep Oseng Mercon Daging Ayam Pedasnya Bikin Nagih

Kendati demikian, makanan ini dengan gaya masak nya yang jadul atau tradisional masi menjadi andalan dan faporit bagi semua kalangan orang, yuk mari kita simak resep cara membuat getuk singkong jadul yang enak dan mudah di buat berikut ini!!

Cemilan khas tradisional makanan ini pertama kali di temukan di Jawa Tengah pada masa pendudukan Jepang. Saat itu beras merupakan kebutuhan pokok sangat sulit di dapatkan. Alhasil kini masyarakat menggunakan singkong sebagai bahan alternatif dan mengolahnya menjadi getuk.

Rasanya yang manis dan legit serta warnanya yang menarik menjadikan makanan ini sebagai cemilan Faporit orang dewasa hingga anak-anak. Bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah untuk kita coba buat di rumah.

Bahan-Bahan Getuk Singkong Jadul :
500 gram (gr) singkong kupas.
150 gr gula pasir.
2 sdm gula jawa/merah.
1/4 sdt garam.
1 sdt vanili bubuk.
Kelapa parut secukupnya.
Pewarna makanan secukupnya.

Cara Membuat :

Kukus singkong terlebih dahulu hingga matang.
Kemudian, mari kita campurkan singkong dengan air gula pasir, ataugula mera dan garam juga.
Masukan pewarna makanan dan vanili bubuk.
Setelah warna sudah merata, kamu bisa juga mencetaknya denga ncetakan kue, kemudian taburi atasnya dengan kelapa parut.
Getuk singkong jadul siap di sajikan.