Cakalang Fufu Dengan Penuh Olahan dan Citarasa Khasnya

Cakalang Fufu Dengan Penuh Olahan dan Citarasa Khasnya

Cakalang fufu merupakan hidangan dengan olahan ikan yang diberi bumbu, lalu diasap dan dijepit dengan kerangka bambu. Makanan ini merupakan suatu hidangan khas Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia.

Ikan Cakalang fufu sudah dipublikasikan dalam buku “Ensoklopedia Produk Pangan Indonesia” (PATPI), sebagai makanan ciri khas Sulawesi Utara.

Proses pembuatan

Setelah ikan cakalang (ikan tongkol) dibersihkan lalu dibuang sisik dan jeroannya, daging ikan cakalang dibelah menjadi dua dan dijepit oleh kerangka penjepit bambu yang sudah disiapkan sebelumnya. Daging ikan ini lalu diolah dengan dibaluri garam dan bubuk soda. Kemudian ikan cakalang masuk dalam proses pengasapan dengan panas api dan asap. Panas harus merata sampai daging ikan cakalang matang dan sedikit kering. Proses ini sangat menghabiskan waktu untuk pengasapan dan dua jam untuk pendinginan. Proses ini berjalan hingga daging ikan cakalang sedikit berubah warna menjadi agak kemerahan dengan tekstur sedikit empuk, kering dan tidak berair.

Jika proses pembuatan sangat tepat makanan tersebut dapat tahan hingga selama satu bulan. Dengan demikian dapat didistribusikan ke seluruh penjuru Indonesia sebagai pangan hidangan laut olahan. Di Sulawesi Utara cakalang fufu merupakan hidangan favorit dan kerap sekali dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang sedang berkunjung ke Manado. Meskipun hidangan ini sangat terkenal seantero Indonesia Timur, lokasi produksi utamanya adalah kota pelabuhan nelayan Bitung, Sulawesi Utara.

Cakalang fufu dapat dikonsumsi secara tersendiri dengan dipanaskan dan digoreng sebentar saja dalam minyak panas dan langsung dimakan dengan nasi dan dabu-dabu (sambal Minahasa), atau menjadi bahan untuk memasak hidangan lainnya. Suwiran daging cakalang fufu dapat ditambahkan dalam berbagai hidangan seperti selada kentang, mi cakalang, atau dimasak dengrica-rica dengan cabai.

Resep Ikan Cakalang Fufu Pedas

Bahan-bahan

  • 500 gr ikan cakalang fufu, suwir
  • Bumbu halus
    15 buah cabe merah keriting
    15 buah cabe rawit merah
    8 siung bawang merah
    4 siung bawang putih
  • Bumbu lain
    1 ruas jari Jahe geprek
    1 ruas jari lengkuas, geprek
    2 buah sereh, geprek
    5 lembar daun jeruk
    Garam
    Gula
    Minyak goreng
    2 sendok makan perasan air jeruk limau

Cara membuat:

  • Goreng sebentar ikan yang sudah di suwir, sisihkan.
  • beri sedikit minyak, lalu tumis bumbu halus dan bumbu lain hingga agak kering dan wangi
  • Setelah itu masukan ikan cakalang suwir, lalu aduk sampai kering. Sisihkan
  • Lalu masukan kembali minyak goreng agak banyak sekitar 1/2 gelas, goreng kembali ikannya, sampai kering dan warna sedikit kecoklatan. proses ini akan membuat ikan lebih tahan hingga 1-2 minggu.
  • Ikan cakalang fufu pedas siap untuk disantap dengan nasi panas

BACA JUGA : Sop Konro Hidangan Kaya akan Lemak Sangat Menggiurkan