Resep Es Pisang Ijo Yang Mudah dan Sudah Pasti Segar

Resep Es Pisang Ijo Yang Mudah dan Sudah Pasti Segar

Es Pisang ijo atau es pisang ijo merupakan sejenis makanan yang sangat menyegarkan khas Makassar yang ada di pulau Sulawesi Selatan, Terutama di kota Makassar makanan satu ini menjadi salah satu makan sekaligus minuman yang menyegarkan.

Bahan utama makanan ini terbuat dari pisang yang akan dibungkus dengan adonan tepung berwarna hijau. Cara memasaknya sangat mudah yakni hanya dengan mengukus di dandang.

Bahan-bahan :

10 Buah Pisang Kepok/Pisang Tanduk/Pisang Nangka
150 Gram Tepung Beras
150 Gram Tepung Terigu
60 Gram Gula Pasir600 Ml Air
65 Ml Santan Kental Instan
1/2 Sdt Garam
Pasta Pandan (Secukupnya)
Bahan Bubur Sumsum :
750 Ml Air
100 Gram Tepung Beras
65 Ml Santan Kental Instan
1/2 Sdt Garam
2 Lembar Daun Pandan

🍧Bahan Saus Santan Pisang Ijo :
65 Ml Santan Kental Instan
500 Ml Air
2 Lembar Daun Pandan
2 Sdm Tepung Maizena
1/2 Sdt Garam

🍧Bahan Pelengkap :
Sirup DHT Pisang Ambon/Cocopandan(Secukupnya)
Susu Kental Manis(Secukupnya)

Cara Membuat Es Pisang Ijo :

  • Langkah 1 : Kukus Pisang terlebih dahulu bersamaan dengan Kulitnya selama 15 menit. Kemduian jika sudah terliaht matang maka bisa diangkat dan dinginkan atau[un biarkan saja sampai pisang dingin.
  • Langkah 2 : untuk tahap selanjutnya kamu bisa mencampur didalam wadah tepung terigu,tepung beras,gula pasir,garam,santan kental dan air.Aduk Merata semua bahan yang sudah kamu masukkan,lalu beri pasta pandan secukupnya.
  • Langkah 3 : Untuk adonan kulitnya kamu bisa menyaring adonan kulit agar terpisah dari gerindil. Lalu masak adonan yang sudah tidak bergerindil tersebut dengan api kecil hingga matang.Selama proses pemasakan harus terus diaduk ya.
  • Langkah 4 : Siapkan plastik, yang sudah diolesi tipis dengan minyak sayur .Lalu ambil sebagian adonan kulit yakni sekitar 1-2 sdm, dan kamu bisa membentuknya dengan mempipihkan.
  • Langkah 5 : Kamu bisa memasukkan 1 buah pisang yang sudah dikukus tadi. Yang kemudian kamubisa tutup semua permukaan pisang dengan adonan kulit.Lakukan hingga habis. Dan Kukus kembali pisang yang sudah dibungkus tersebut dengan api sedang cenderung kecil selama 20 menit.Jika Takut Menempel,kalian bisa bungkus terlebih dahulu dengan daun pisang.Angkat Dinginkan.
  • Langkah 6 : Jika sudah matang maka kamu bisa mengangkat pisang tersebut dan menyajikan bersamaan dengan bubur sum sum yang sebelumnya sudah dibuat. Untuk pencampuran ini opsional saja.

Baca Juga : Resep aunu senebre khas papua barat yang sudah pasti lezat