Cara Membuat Cendol Gurih dan Nikmat

Cara Membuat Cendol Gurih dan Nikmat

Cendol merupakan minuman yang biasa disebut juga sebagai dawet. Yang mana biasanya bahan bakunya campuran tepung hunkue dan tepung beras. Namun, resep cendol yang termuat dalam artikel ini ialah dawet yang bahan utamanya menggunakan tepung beras.

Buku “Bukan Sekadar Es Cendoll & Es Dawet Biasa” yang merupakan karya Dewi Untari. Dan diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama membagikan cara bikin cendol dawet yang tidak biasa. Cendoll sendiri merupakan jenis minumal yang berasal dari Banjarnegara, Jawa Barat.

BACA JUGA : Resep Anuve Habre Dari Tanah Papua Sudah Pasti Lezat

Nah melalui artikel kali ini kamu bisa dapat mengikuti langkah di bawah ini jika ingin jualan cendoll dawet. Pasalnya, resep ini akan menghasilkan kira-kira menghasilkan 15 porsi cendol dawet.

Resep cendol dawet dari bahan utama tepung beras

Bahan cendol

250 gram tepung beras
2 sdm tepung tapioka
1 sdt pasta pandan
1/2 sdt garam .
500 ml air Air matang secukupnya
Es batu secukupnya

Bahan kuah
1 liter santan encer
100 gram gula pasir

Bahan kinca
200 ml air
500 gram gula merah, iris tipis
4 sdm gula pasir
2 sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air
10 mata nangka, potong dadu kecil

Bahan pelengkap

Es batu secukupnya
200 gram tapai ketan hitam

Cara membuat cendol dawet tepung beras

1. Cendoll: Langkah pertama campur tepung beras, tepung tapioka, pasta pandan, dan garam.Kemudian kamu bisa menyeduh sebagian air.
2. Lalu kamu dapat memaasak sisa air sampai mendidih, tuang larutan campuran tepung. Aduk bahan bahan tersebut hingga rata, masak dengan api sedang.
3. Lalu langkah selanjutnya kamu bisa Siapkan campuran es batu dan air matang dalam wadah. Dan letakkan cetakan cendol dengan lubang agak besar di atasnya.
4. Jika jendol sudah lumayan mendingan kamu dapat menuangkan adonan cenddol panas ke dalam cetakan. Tekan menggunakan sendok kayu maupun besi sampai butiran butiran cendoll keluar dan jatuh ke dalam air es. Diamkan selama 1 jam sampai bentuk cendol kokoh dan teksturnya tidak terlalu lembek lagi. Kemudian kamu bisa Saring dan tiriskan.
5. Untuk membuat Kuah: kamu bisa campur semua bahan. Yang mana kemdudian dimasak dengan api kecil sambil aduk agar santan tidak pecah. Angkat dan saring.
6. Kinca: campur air, gula merah, dan gula pasir. Masak dengan api sedang sampai mendidih. Masukkan larutan tepung maizena, aduk cepat. Angkat dan dinginkan. Setelah dingin, masukkan potongan nangka.
7. Saran penyajian : siapkan gelas saji, masukkan cendol. Sebagai pelengkap cendol rumahan yang sudah kamu buat kamu bisa tambahkan tapai ketan, nangka, kuah kinca, dan es batu secukupnya.