Resep Anuve Habre Dari Tanah Papua Sudah Pasti Lezat

Resep Anuve Habre Dari Tanah Papua Sudah Pasti Lezat

Anuve Habre atau Aunuve Habre merupakan makanan tradisional yang berasal dari tanah Papua yang berupa olahan dari ikan Cakalang. Sama halnya dengan menu Aunu Senebre yang menggunakan daun talas saat memasaknya, Anuve habre juga memakai daun talas sebagai alat pembungkusnya. Sekilas tampilan masakan ini mirip dengan Botok, namun yang membedakannya ada di daun pembungkus, bumbu dan bahan utama yang digunakan.

Proses pembuatan Anuve habre yaitu menggunakan cara membaluri ikan cakalang dengan asam jawa lalu didiamkan. Ada yang memberikan garam dan ada yang tidak saat proses pembaluran tadi. Setelah bumbu diperkirakan sudah meresap, ikan lalu dibungkus dengan menggunakan daun talas lalu dikukus. Hal yang paling perlu diperhatikan dalam pembuatan makanan ini adalah potongan ikan cakalang dan daun talas yang digunakan haruslah dilayukan terlebih dahulu untuk memudahkan membungkus adonan ikan cakalang.

Selain ikan Cakalang, Anuve habre juga bisa memakai ikan tuna atau ikan tongkol.

Dengan resep dan cara pembuatannya yang sangat simpel dan sederhana untuk menu yang satu ini anda bisa langsung mencoba memasaknya dirumah saja tanpa harus ke tanah Papua

BAHAN :

Daun talas secukupnya
1 ekor ikan cakalang, cuci, potong-potong
2 sdm garam
1 sdt asam jawa, larutkan dengan 50ml air, saring

CARA MEMBUAT :

cuci daun talas, lalu kukus sampai layu. Sisihkan

lumuri ikan dengan garam dan air asam. Diamkan selama 15 menit.

Bungkus ikan menggunakan daun talas, kemudian kukus sampai matang. Angkat.

Aunuve habre khas Papua siap disajikan dengan ditemani nasi putih hangat.

BACA JUGA : Resep Soto Medan Pastinya Lezat dan Sangat Wangi