Pallu Basa Serigala Makassar, Makanan Paling Banyak Diminati

Pallu Basa Serigala Makassar, Makanan Paling Banyak Diminati

Pallu basa serigala Makassar, salah satu kuliner terbaik Makassar yang begitu memesona. Kini, hidangan yang bisa kamu hadirkan di rumahmu sendiri dengan langsung memasaknya. Intip resepnya yuk!

Pallu basa serigala Makassar, mahakarya masyarakat Makassar , Sulawesi Selatan yang begitu ahli dalam mengolah daging sapi. Tentu kita mengenal masih banyak hidangan daging sapi lainnya seperti Coto Makassar ataupun Sop Saudara. Namun untuk masakan yang satu ini, selalu ada tempat dong di hati Chef di kala merindu dengan kota yang dahulunya dikenal dengan nama Ujung Pandang.

Saat mentari yang begitu panas terik menyinari kota Makassar dan waktu makan siang telah tiba, di saat itulah waktu yang tepat menikmati Pallubasa. Pengalaman dari Chef adalah mengunjungi salah satu yang paling populer dan terkenal di kota itu. Sedikit berdesak-desakan tak begitu masalah dong, namun akhirnya ada tempat duduk yang kosong. Segeralah sepiring buras hadir untuk menemani semangkuk pallubasa hangat dengan tambahan kuning telur mentah didalamnya. Suap demi suap Chef lalui dan cita rasanya begitu brilian. Belum pernah sebelumnya menikmati masakan yang berkuah senikmat itu!

Melalui resep ini, Chef ingin mengajak kamu semua untuk menghidupi kembali momen-momen keemasan itu dan menikmatinya. Dengan cara memasaknya cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang tidak begitu lama. Sekarang mari kita siapkan bahan-bahannya dan kita mulai memasak bersama untuk 5 porsi. Mari!

Bahan :


350 g daging sapi has dalam, potong dadu
1.5 L air
30 g kelapa parut, sangrai
1 batang serai
2 cm lengkuas
1 cm kayu manis
1 sdt gula merah
3 buah cengkih
30 ml air asam jawa
1 sdt garam
2 sdt Royco Kaldu Sapi
1 sdm Bango Kecap Manis

Bumbu :
halus 8 butir bawang merah
4 siung bawang putih
6 buah cabai merah keriting
2 cm jahe
1/2 sdt pala bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt jintan
1 sdt minyak

Pelengkap :
bawang goreng
daun bawang,
iris jeruk nipis

CARA MEMASAK :

  1. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. Masukkan potongan daging, masak sebentar. Masukkan gula merah, serai, lengkuas, kayu manis, cengkih. Tumis hingga semua bahan tercampur rata.
  2. Tuang air, aduk. Bubuhi dengan penyedap atau kaldu sapi, aduk rata, masak hingga mendidih.
  3. Masukkan air asam jawa, garam, kecap kental manis dan kelapa sangrai. Aduk hingga rata dan masak hingga daging empuk dan kuah mengental.
  4. Angkat dan sajikan dengan pelengkap.