Resep Sate Tegal Agar Empuk Ketika Disantap

Resep Sate Tegal Agar Empuk Ketika Disantap

Sate Tegal – Sate kambing merupakan salah satu makanan favorit yang masyarakat Indonesia. Maka jangan heran kalau pedagang sate kambing selalu ramai dikunjungi konsumen, terutama saat jam makan siang dan malam hari.

Nah, salah satu sate kambing yang paling digemari banyak masyarakat Indonesia adalah sate kambing khas Tegal. Sate yang berasal dari Tegal, Jawa Tengah ini terkenal akan kelezatan bumbunya, dagingnya yang empuk, dan terasa juicy di mulut.

BACA JUGA : Gurihnya Gulai Balak Khas Lampung

Tak harus datang langsung ke kotanya, kamu juga bisa membuat sate kambing Tegall dengan kreasi sendiri di rumah, lho. Sebab, resep bumbu sate kambing Tegal terbilang sederhana dan mudah didapat.

Resep bumbu sate kambing Tegal terbilang sederhana . Beberapa alat dan bahan bisa didapat dengan mudah dengan harga yang relatif terjangkau.

Agar tidak semakin penasaran, simak resep bumbu sate kambing khas Tegal sbb :

Bahan

  • 500 gram daging kambing potong dadu (termasuk gajih)
  • 50 gram buah nanas setengah matang, parut halus
  • 100 gram kacang tanah, goreng dan haluskan
  • Kecap manis
  • 10 cabe rawit merah
  • 10 bawang merah, iris halus
  • 2 buah tomat merah, potong kasur

Cara Membuat

  1. Buat bumbu celup untuk sate kambing terlebih dahulu. Caranya, campurkan 50 gram buah nanas, 100 gram kacang tanah, dan 2 sendok makan kecap manis ke dalam wadah. Jika sudah, aduk hingga merata.
  2. Setelah itu, tusukkan daging kambing (boleh diselingi gajih) dengan tusuk sate.
  3. Jika sudah, celupkan sate kambing ke dalam bumbu celup hingga merata.
  4. Kemudian bakar di atas panggangan hingga warnan dagingya berubah menjadi kecokelatan pucat.
  5. Bila sudah terlihat matang, angkat dan pindahkan di atas piring.
  6. Sekarang, detikers perlu membuat bumbu kecap untuk sate kambing. Caranya, ulek kasar seluruh cabe rawit, kemudian masukkan ke dalam piring.
  7. Lalu, tuang 2 sendok makan kecap manis, irisan halus bawang merah , dan tomat yang diiris kasar. Kemudian aduk hingga merata.
  8. Jika sudah, anda bisa sajikan satte kambing Tegal dengan bumbu kecap manis pedas. Makan selagi hangat dengan nasi putih atau lontong